Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Yuk Bantu Anak Keluar dari Zona Introvertnya !

Yuk Bantu Anak Keluar dari Zona Introvertnya !

Semua anak pada dasarnya terlahir dengan keunikan dan ciri-ciri kepribadian yang berbeda. Oleh karena itu ayah dan bunda perlu mengetahui bagaimana karakter anak. Apakah ekstrovert atau justru termasuk introvert. Dengan mengetahui karakter mereka, ayah dan bunda bisa membantunya untuk mengembangkan potensinya.

Tidak heran jika memiliki anak introvert akan menjadi tantangan untuk orangtua. Apakah anak ayah dan bunda termasuk anak introvert ? Jika ya, sebenarnya ayah dan bunda tidak perlu khawatir berlebihan. Tentu saja membutuhkan strategi untuk membantunya keluar dari zona introvertnya. Bagaimana caranya ?

Kembangkan bakatnya

Biasanya anak-anak dengan kepribadian introvert lebih senang menjadi orang dibelakang layar. Tidak heran jika melukis, menulis, membaca akan lebih diminatinya. Jangan sesekali terlalu memaksanya untuk menjadi seorang penampil seperti menjadi presenter karena hal ini akan membuatnya tertekan. Biarkan mereka menekuni dan mengembangkan apa yang diminantinya.

Berikan kebebasan memilih

Biasanya anak introvert tidak banyak bicara dan tidak banyak menuntut. Mereka akan cenderung menerima apa yang diberikan dan dipilihkan untuknya. Namun jika kebiasaan ini terus dibiarkan, maka anak akan kehilangan dorongan dan inisiatifnya. Untuk mengurangi hal ini, cobalah berika ia kesempatan untuk memilih. Misalnya meminta anak untuk menentukan makanan apa yang diinginkannya. Pilihan ini akan melatih ia untuk menentukan sendiri apa yang mereka inginkan dan membuat mereka tidak menjadi pribadi yang selalu pasrah menerima keadaan.

Berikan model ekstrovert

Berikan model ekstrovert agar anak bisa menjadi lebih terbuka. Misalnya dengan mencarikannya teman sebaya yang memiliki kepribadiaan yang suka berteman, ramah, spontan, suka berbicara, humoris, atau baik hati untuk diajak bermain bersama atau berpergian bersama-sama. Dengan demikian anak tidak akan menutup diri dan mau terbuka kepada orang lain.

Bangun kepercayaan dirinya dengan pujian

Meskipun anak introvert cenderung pendiam dan tidak banyak menuntut, namun mereka tetaplah anak-anak. Mereka juga akan senang bila diberikan pujian. Untuk itulah, berikan pujian dan penghargaan pada setiap pencapaiannya. Misalnya saat ia mendapatkan nilai yang bagus, pujikah mereka. Dengan memuji sama saha dengan membangun kepercayaan dirinya. Jika kepercayaan dirinya tumbuh, maka pribadi introvertnya akan sedikit berkurang.

Ingat, tidak ada yang salah dengan anak introvert. Hanya saja ayah dan bunda sebagai orang tua harus lebih memahami apa dan bagaimana anak berinteraksi satu sama lainnya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889