Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Yuk Ajarkan Anak Untuk Mengelola Uang Lebaran Dengan Cara ini !

Yuk Ajarkan Anak Untuk Mengelola Uang Lebaran Dengan Cara ini !

Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang paling membahagiakan bagi mereka yang merayakannya tidak terkecuali anak-anak. Di hari raya ini kebahagiaan tidak hanya berasal sari beragam makanan dan kue-kue khas lebaran, tetapi juga momen silahturahmi dengan saudara yang sudah lama dirindukan. Momen silahturahmi juga sangat membahagiakan bagi anak-anak karena pada momen ini mereka memperoleh uang thr.

Mengenai uang thr, pastikan agar anak mengelola uang tersebut dengan tepat dan bijak. Jangan kar3eba anak memiliki lebih banyak uang lantas mereka dibiarkan menjadi boros. Ajarkan anak untuk berhemat dan mengelola uang dengan baik. Untuk itu ada berapa cara untuk mengajarkan anak mengelola uang lebaran dengan baik. Apa saja ya ?

Dampingi anak saat belanja

Agar uang yang mereka miliki tidak sia-sia dan habis begitu saja, dampingilah mereka dalam membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang bermanfaat. Arahkan mereka ke barang-barang yang berguna dan memilih apa yang mereka butuhkan. Tugas ayah dan bunda adalah memberikan saran kepada mereka jika barang yang ia pilih kurang bermanfaat, agar mereka tidak merasa selalu dilarang.

Berikan kepercayaan kepada anak untuk menyimpan uang sendiri

Pada saat anak memperoleh uang lebaran, berikan kepercayaan kepadanya untuk menyimpan uangnya sendiri. Hal ini akan memberikan pelajaran kepada mereka untuk bertanggung jawab dan menghargai penggunaan uang yang tepat. Tetapi ayah dan bunda juga tetap perlu mendampingi dan menasihatinya dengan bijak.

Ajarkan berbagi kepada sesama

Sebagai orangtua yang harus ayah dan bunda lakukan adalah memberikan pengertian dan pengarahan kepada mereka untuk memberikan sebagian uang yang mereka miliki kepada yang membutuhkan. Berapapun jumlah uang lebaran yang ia terima, ajarkan dan jelaskan untuk menyisihkan sedikit untuk beramal. Ajak mereka untuk mengisi kotak amal di masjid atau langsung berikan kepada yang membutuhkan. Dengan begitu, ayah dan bunda sudah mengajarkan mereka untuk peduli kepada orang lain yang lebih membutuhkan dan mengajarkan mereka untuk bersedekah.

Ajarkan anak untuk menabung

cara ini memang tergolong agak sulit bagi orangtua yang menginginkan anaknya untuk mengelola uang lebaran dengan cara menabung. Tapi tidak perlu khawatir ayah dan bunda bisa berikan pandangan ke depan kepada mereka mengenai nikmatnya menabung dan membeli barang dari hasil tabungan mereka. Dengan cara ini ayah dan bunda juga mengajarkan mereka untuk lebih menghargai uang yang mereka miliki sehingga anak tidak boros dan dapat belajar untuk menentukan prioritas kebutuhan.

Nah itulah cara yang dapat ayah dan bunda lakukan untuk mengajarkan anak-anak mengelola uang lebaran dengan lebih baik. Semoga bermanfaat !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889