Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Tips Efektif Ajarkan Anak Untuk Berbagi

Tips Efektif Ajarkan Anak Untuk Berbagi

Berbagi adalah hal sederhana yang terkadang sulit untuk dilakukan untuk anak-anak, bahkan juga oleh orang dewasa. Anak-anak biasanya cenderung untuk tidak mau berbagi mainan atau makanan dengan teman atau juga saudara mereka. Hal ini mungkin dikarenakan mereka tidak mengerti mengapa mereka harus berbagi dan seperti apa itu berbagi.

Mengajarkan anak untuk berbagi memang bukan perkara yang mudah,  Namun ayah dan bunda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips untuk mengajarkan anak berbagi.

Jangan Menghukum

Jangan pernah menghukum dan memarahi anak bila ia tidak mau berbagi, apalagi sampai berkata bahwa ia adalah pribadi yang egois. Hal tersebut justru hanya akan menimbulkan kemarahan dan kebencian dalam diri anak. Untuk menumbuhkan sikap mau berbagi, orang tua harus menggunakan pendekatan halus. Misalnya ketika anak tidak mau berbagi mainannya katakan bahwa dengan berbagi mainan bersama-sama maka permainan tersebut menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Buat kegiatan berbagi menjadi kegiatan yang menyenangkan

Ayah dan bunda bisa mengajari anak untuk berbagi lewat bermain. Caranya, pilihlah permainan kelompok yang mengharuskan anak untuk bekerja sama dengan teman-teman bermainnya. Misalnya dengan mengajak anak bermain puzzle dengan cara bergiliran memasukan potongan puzzle sehingga anak akan mulai mengenal dan memahami apa artinya berbagi.

Ajak anak untuk berbagi

Ajak anak untuk berbagi bersama pada orang-orang yang membutuhkan. Beritahu ia bahwa apabila kita memiliki kelebihan rezeki harus berbagi kepada yang membutuhkan. Ayah dan bunda juga bisa mencoba untuk ajarkan mereka memberi mainan yang sudah tidak di pakai namun masih layak digunakan kepada anak-anak yang membutuhkan.

Ajarkan berbagi dari hal yang kecil

Mengajarkan anak berbagi bukan merupakan hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Ayah dan bunda bisa mencobanya dengan mengajari anak dengan melakukan hal-hal kecil. misalnya ketika ia sedang makan. Ayah dan bunda bisa memintanya untuk memberikan sebagian makanan yang ia punya kepada teman atau saudaranya. Meskipun hak tersebut terlihat sepele, namun anak akan mengerti kika semua yang ia punya bukan miliknya sendiri.

Berbagi memang penting bagi semua orang, khususnya bagi anak-anak, dengan belajar berbagi maka ia juga akan belajar tentang kompromi dan keadilan. Berbagi memang terkadang masih cukup menantang bagi mereka. Karena anak usia dini memang masih memiliki ego yang tinggi. Cara tepat untuk mengajarkan berbagi pada anak-anak adalah dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889