Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Terungkap, 5 Cara Melatih Kecerdasan Emosional Anak !

Terungkap, 5 Cara Melatih Kecerdasan Emosional Anak !

Kecerdasan emosi anak, istilah tersebut pasti sudah tidak asing lagi. Namun tahukah Ayah dan Bunda apa pentingnya membentuk kecerdasan emosi anak ? kecerdasan emosi atau emotional quotient (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk mengenal, mengevaluasi, mengontrol, dan mengekspresikan emosi.

Salah satu tugas utama orangtua adalah melatih anak untuk mampu mengendalikan emosi. Jika emosi naik maka intelektual turun, jika emosi turun maka intelektual naik. Hal ini menjelaskan bagaimana emosi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan seorang anak. Melatih emosi anak akan membuat mereka berprestasi sesuai bidang dan juga dapat meningkatkan kecerdasannya. Nah, bagaimana cara orang tua melatih kecerdasan emosional anak? Yuk kita simak info berikut ini !

Mendengarkan perasaan anak

Ketika anak mengekspresikan perasaannya maka anak akan belajar bagaimana cara untuk mengontrol perasaannya. Selain itu bercerita dan mengekspresikan perasaan akan membantu anak agar perasaan yang negatif tidak terperangkap dan tidak meledak-ledak. Saat seperti ini, peran orangtua harus mendengarkan ceritanya sampai selesai. Lalu berikan solusi untuk masalah yang dihadapi.

Melatih kesabaran

Melatih kesabaran bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah melatih anak untuk mengantri. Hal ini dapat dilakukan dimana saja. Tetapi hal ini perlu peran orang tua sebagai panutannya. Sesungguhnya anak tidak bisa mengantri saat orangtua terlihat tidak biasa mengantri.

Mengajari anak menghadapi perasaan tidak nyaman

Seorang anak tidak harus merasakan bahagia dan nyaman. Ada saatnya anak merasakan hal-hal yang tidak ia senangi. Hal itu juga untuk melatih dan mengajarkan anak menerima perasaan negatinya. Orang tua juga bisa membantu anak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Secara perlahan anak akan terbiasa memikirikan solusi dan berpikir kalau perasaan yang dirasakannya itu normal terjadi.

Membacakan buku sebelum tidur

Melalui membaca buku, tidak hanya menambah wawasan akan beragam nilai, namun juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Hubungan positif ini selanjutnya mampu menciptakan emosi positif. Anak lebih mampu untuk bersikap tenang saat mengalami suatu masalah.

Melatih kepercayaan diri

Melatih kepercayaan diri sejak dini sangat penting karena akan mempengaruhi kecerdasan anak. Anak dengan rasa percaya diri tinggi akan mampu meningkatkan kecerdasannya. Sebaliknya anak yang cerdas akan mengalami hambatan dalam perkembangan saat tidak memiliki rasa percaya diri.

Nah, itu dia beberapa cara untuk melatih kecerdasan emosional anak. Yang perlu di ingat adalah peran orang tua untuk membentuk dan menjaga kecerdasan emosional anak. Jadi, orangtua harus bisa menjadi sarana penyalur emosi anak. Selamat mencoba !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889