Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Strategi Jitu Siapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

Strategi Jitu Siapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

Pernahkah  anak ayah dan bunda mengalami stres, cemas, atau takut saat menghadapi ujian sekolah? Pada masa ujian sekolah berlangsung, stres, cemas, atau takut tidak hanya dirasakan oleh anak-anak. Namun juga berlaku untuk orang tua yang harus mendampinginya belajar untuk mempersiapkan ujian. Hal ini kadang membuat beberapa orang tua kebingungan, karena tidak tahu cara yang tepat dalam membantu anak menghadapi ujian. Nah, ayah dan bunda dapat mempraktikkan beberapa strategi ini saat anak menjalani masa ujian membantu mereka. Apa saja strateginya ? Yuk, kita simak sama-sama !

Rencanakan waktu belajar

Ayah dan bunda perlu membuat rencana waktu belajar anak agar ia siap ketika menghadapi ujian sekolah. Persiapakan dengan matang dari jauh sebelum wajtu ujian akan lebih efektif daripada menyuruh anak belajar sehari sebelumnya atau SKS (sistem kebut semalam). Fokus lebih dulu pada mata pelajaran yang kurang ia kuasai. Buatlah rencana yang realistis termasuk juga waktu ia beristirahat.

Buat strategi belajar

Sukses ujian bukan hanya karena anak dapat mengingat materi dengan baik. Ada beberapa strategi yang bisa ayah dan bunda lakukan untuk membantunya. Misalnya ajak ia membuat strategi untuk menentukan jawaban yang benar dengan memilih terlebih dahulu jawaban mana yang salah di antara pilihan ganda yang ada. Latih juga ia mengerjakan latihan soal dalam waktu tertentu agar memiliki kemampuan manajemen waktu saat ujian ajar tidak takut kehabisan waktu ujian.

Dampingi anak

Saat menghadapi masa sulit seperti ujian, anak-anak akan membutuhkan kehadiran dan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Seringkali anak membutuhkan ayah dan bunda benar-benar di sampingnya saat belajar, agar merasa lebih aman dan bisa bertanya jika ada yang tidak dipahaminya. Jika anak termasuk dalam kategori tersebut, pastikan ayah dan bunda menyediakan waktu untuk bisa mendampinginya saat belajar .Apabila diperlukan, ayah dan bunda bisa menanyakan soal-soal simulasi yang biasanya ada di buku pelajaran anak. Dengan begitu ayah dan bunda bisa memahami bagian mana yang belum dipahami oleh anak.

Buat simulasi 

Ayah dan bunda dapat memberikan latihan seperti soal tes atau ulangan harian yang sudah pernah dilakukan anak. Jadi anak lebih terbiasa dalam menghadapi format atau bentuk pertanyaan yang kurang lebih sama dengan ujian sekolah. Saat hari ujian, waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal ada bermacam-macam. Nah, agar manajemen waktu anak cukup baik, buatlah simulasi ujian saat belajar di rumah. Misalnya, saat menerima soal anak bisa langsung mencari tipe soal yang dirasa lebih sulit terlebih dahulu. Misalnya mungkin soal esai, sehingga anak bisa lebih leluasa menulis jawaban. Setelah itu, baru kemudian anak bisa mengerjakan soal pilihan ganda

Ajarkan anak mengelola rasa stres

Bantu anak untuk bicara tentang apa yang mereka rasakan atau penyebab stres yang mereka alami menjelang ujian. Dengarkan dengan empati, sehingga mereka mengerti bahwa mereka dipahami dan perasaan tegang atau stres mereka adalah sesuatu yang normal. Ajari anak mengelola rasa stres dengan hal sederhana, seperti berdoa, mengatur nafas panjang, atau membangun sugesti diri bahwa ia bisa menjalani ujian dengan baik.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889