Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Kenali Bakat dan Potensi Anak Dengan Cara Ini !

Ayo Kenali Bakat dan Potensi Anak Dengan Cara Ini !

Setiap orang tentunya memiliki bakat tersendiri di dalam dirinya. Bakat merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang yang berasal dari dalam dirinya sendiri  atau juga diturunkan dari orangtuanya ataupun memang bakat alami yang dimilikinya. Mengenali potensi dan bakat anak adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para orangtua.

Sebagai orangtua sudah seharusnya mengetahui apa saja yang menjadi potensi dan bakat anak sehingga bisa mengarahkan dan membimbingnya agar dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya. Tetapi bagaimana cara mengenali bakat anak ? nah berikut ini ada cara-cara untuk mengetahui bakat anak yang bisa dilakukan oleh orangtua. Yuk kita simak info selengkapnya !

Perhatikan kebiasaan dan kesukaan anak

Cara untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak. Biasanya hal-hal yang menjadi kebiasaan dan kesukaannya bisa jadi merupakan bakat yang dimiliki oleh anak. Cobalah perhatikan segala aktivitas yang dilakukan oleh anak, bisa jadi salah satu aktivitas tersebut merupakan bakat atau potensi yang cukup kuat untuk dieksplor lebih lanjut.

Berikan apresiasi dan tanggapan

Anak-anak suka mencari perhatiaan. Mereka akan sangat bersemangat jika apa yang dilakukannya mendapat tanggapan yang baik dari orang-orang disekitarnya. Untuk mengembangkan bakat anak, berikan lah apresisasi terhadap kegiatan yang dilakukannya. Jangan lupa juga untuk menjawab pertanyaan anak tentang minat dan bakatnya dengan serius. Ketiak anak bercerita tentang kegiatannya, orangtua harus menjadi pendengar yang baik.

Ikutkan anak ke beberapa perlombaan

Ikut sertakan anak ke beberapa perlombaan. Namun ingat, semua hal tersebut harus sesuai dengan persetujuaan anak. Orangtua bisa mengamati bakat apa yang dimiliki anak dari perlombaan yang diikutinya. Ketika mengikutkan anak pada perlombaan, jangan memberikan target terlalu besar yang akan menyebabkan anak menjadi tertekan. Hal tersebut justru membuat anak menjadi tampil tidak maksimal dan akan terbebani dengan target yang telah diberikan.

Biarkan anak mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki

Cobalah untuk membiarkan anak mencoba berbagai kegiatan-kegiatan positif. Cara tersebut akan membantu anak bisa menemukan bakat-bakat terpendam yang ada dalam dirinya. Orangtua sebaiknya jangan menekan atau membatasi kegiatan anak. Karena sama saja dengan menghalangi anak untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliknya sehingga menyebabkan anak tidak maksimal untuk menemukan bakat terpendam dalam dirinya, orang tua cukup mengawasi segala kegiatan anak, jika ada hal yang disukainya bisa mengarahkan lebih lanjut hal tersebut.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengetahui bakat anak. Penting bagi orangtua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki, bisa membuat orangtua memaksimalkan bakat anak sehingga menjadi potensi agar anak bisa sukses dan berprestasi !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya
  • Jam Buka

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

  • Harga Tiket

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889

Become our first Visitor!

Sign-up to our newsletter & get informed.