Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Cara Tepat Agar Anak Gemar Menabung !

Cara Tepat Agar Anak Gemar Menabung !

Usia dini adalah masa dimana si kecil belajar banyak hal. Pada usia inilah awal dari terbentuknya karakter dan kebiasaan yang akan dibawa hingga dewasa. Untuk itu penting sekali mengajarkan dengan tepat agar anak anda mempunyai bekal ketika dewasa nanti.

Selain mengajarkan pengetahun, kecerdasan, dan sopan santun, orangtua juga perlu mengenalkan mengenai konsep uang dan menabung pada anak sejak dini. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mulai mengenalkan anak menabung. Salah satunya adalah sikap mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tanggung jawab, dan belajar memenuhi kebutuhannya di kemudian hari.

Nah, bagaimana menanamkan kebiasaan menabung yang tepat untuk anak ? berikut ini lima cara tepat agar anak menjadi gemar menabung!

Beri contoh

Anak-anak biasanya mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya. Sebagai orang tua, berikan contoh dan tunjukan kepada mereka bagaimana cara menghemat uang di setiap keadaan. Tunjukkan kepada mereka bahwa harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Ini akan membantu anak-anak memahami betapa berharganya uang dan mengapa mereka harus menabung sebanyak mungkin.

Gaya menyimpan uang

Orang dewasa biasanya mempunyai gaya berbeda dalam menyimpan uang, seperti menyimpan uang di amplop untuk kebutuhan yang berbeda. Anda bisa mencontohkan hal ini kepada anak. Misalnya dengan memberikan beberapa amplop berwarna kepada anak lali beritahu mereka kegunaan dari amplop tersebut. Misalnya amplop berwarna orange untuk membeli mainan baru, amplop biru untuk menyimpan uang, dan sebagainya.

Imbalan untuk menabung

Tidak ada salahnya memberikan hadiah kepada anak-anak saat mereka berhasil menghemat uang. Contohnya ketika uang tabungan anak telah mencapai target yang diinginkan, orangtua bisa memberi imbakan dengan menambah jumlah uangnya. Setidaknya cara ini akan mendorong mereka untuk lebih semangat menghemat dan menabung lebih banyak.

Bebaskan anak untuk membelanjakan tabungan

Biarkan anak-anak menggunakan uang hasil tabungannya untuk membeli mainan atau barang yang mereka inginkan. Tapi tetap ingat satu hal penting ini, jangan biasakan anak untuk menggunakan seluruh isi tabungan untuk keperluan tersebut.

Buatkan anak rekening bank

Membuat rekening atas nama anak adalah cara yang bagus untuk menyimpan uang. Hal ini akan mengajarkan mereka lebih bertanggung jawab tentang keuangan. Untuk anak remaja dapat diajarkan menggunkan kartu ATM dan membuat deposito ke rekening bank. Cara ini memang membutuhkan perhatian yang leibh extra, tapi dengan membuatkannya rekening bank akan mengajarkan anak tentang pentingnya menabung untuk kehidupan.

Sangatlah penting untuk membuat keseluruhan proses menjadi terasa nyaman dan menarik. Anak-anak tidak suka bila orangtua memaksakan kehendaknya. Jadi ajarkan anak menabung dengan cara yang asik dan menyenangkan. Semoga cara ini mudah diterima dan dimengerti oleh anak-anak, selamat mencoba dan semoga berhasil !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889