Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Cara Mengasah Kreativitas Anak Yang Harus Anda Coba

Cara Mengasah Kreativitas Anak Yang Harus Anda Coba

Kreativitas merupakan salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak dini. Karena kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu meyelesaikan masalah, mengambil keputusan, berpikir out of the box, dan menjelajah sesuatu yang baru. Kreativitas juga merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam proses pendidikan anak.

Dengan demikian, sudah seharusnya ayah dan bunda memberikan perhatian untuk mengasah kreativitas sejak dini. Berikut ini ada beberapa cara mengasah kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan yang bisa dijadikan referensi oleh ayah dan bunda. Yuk kita simak info berikut ini !

Biarkan Berimajinasi

Salah satu cara melatih imajinasinya adalah membacakan buku setiap hari.  Libatkan anak saat membaca dengan memintanya mengira-ngira suara karakternya. Selain mengasah  imajinasi membacakan buku menambah kosakata anak.  Ajak juga  ia bermain peran seperti menjadi dokter dengan dengan menggunakan perlengkapan mainan. Dengan imajinasinya ia akan berusaha memerankan peran tersebut.

Liburan Kreatif

Liburan kreatif untuk anak tidak harus mahal, namun yang penting sesuai dengan minat anak. Hal ini bahkan bisa dilakukan di rumah. Misalnya dengan berkebun, mendekorasi kamar, atau membuat beragam kreasi. Bisa juga ayah dan bunda mengajaknya keluar rumah seperti bermain outbound. Dengan begitu anak akan mendapatkan banyak pelajaran bersosialisasi, kerjasama, dan toleransi.

Kurangi Larangan

Tahukah Anda bahwa larangan dapat mematikan kreativitas seseorang? Hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Sebisa mungkin ayah dan bunda mengurangi “melarangnya”. Sebagai gantinya, berikanlah saran apa yang seharusnya ia lakukan, bukan melarangnya. Namun, dalam kondisi tertentu bila terpaksa, Anda tentu saja harus tegas. Misalnya, anak ingin perosotan di pegangan tangga yang berbahaya. Jika itu terjadi,  katakan bahwa ayah dan bunda tidak ingin ia terluka dan ia tak bisa bermain lagi.

Berikan Pengalaman Baru

Berikan waktu khusus untuk anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi seperti museum, kebun binatang,  sawah, kebun, peternakan, pasar tradisional, dan taman rekreasi. Berikan kesempatan pada anak untuk merasakan hal baru sepertu menyentuh, melihat, merasakan, dan mencium aroma baru yang akan memperkaya pengalamannya. Dengan begitu akan membuat ia lebih mengembangkan daya kreativitasnya.

Bebaskan Bereksplorasi

Anak sudah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi,  biarkan mereka melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Tentu saja ayah dan bunda perlu memberitahu mana yang bahaya  dan yang tidak. Ayah dan bunda juga perlu siap menjawab segala pertanyaannya  mengenai berbagai hal. Selain itu juga tetap harus mendampinginya ketika ia sedang mengalami kesulitan dan membantunya.

Cobalah untuk selalu memberikan pujian jika anak melalukan sesuatu yang kreatif. Namun juga selalu ingatkan anak bahwa tidak masalah jika melakukan kesalahan, karena dari situ justru ia akan tahu dan mencoba mencari solusinya. Itu semua akan membuat anak semakin bersemangat untuk mencoba sesuatu yang baru untuk mengasah kreativitasnya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889