Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Cara Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini

Cara Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini

Kemandirian merupakan suatu sikap yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu untuk dapat bertahan dalam berbagai kondisi. Seorang anak tidak dapat begitu saja tumbuh menjadi anak yang mandiri, tanpa didikan dan dilatih sejak dini. Kemandirian anak adalah hasil dari proses panjang yang dilakukan orang tua.

Kemandirian pada anak perlu dilatih sejak dini. Kemandirian bisa dilatih mulai dari hal-hal kecil dan kebutuhan dirinya. Mandiri bisa diartikan mampu melakukan kebutuhannya sendiri dan mengurangi bantuan orang lain. Anak yang mandiri akan bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungannya. Anak mandiri juga akan tumbuh cenderung mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Makanya, mengajarkan anak tentang kemandirian sangat penting. Bagaimana caranya ? hal-hal berikut dapat menjadi jawabannya.

Berikan tugas membersihkan dan menyimpan mainannya

Ajarkan anak untuk bertanggung jawab pada mainnanya. Ajarkan untuk membersihkan dan menyimpan mainnanya sendiri pada tempat menyimpan mainan. Biasakan anak untuk meletakkan mainannya dalam satu wadah penyimpanan dan bersihkan mainannya setelah selesai bermain. Hal ini juga bisa mencegah mainan berceceran yang membuat rumah tidak rapi.

Membantu pekerjaan rumah

Ketika orang tua melakukan pekerjaan rumah, ajaklah anak untuk terlibat. Misalnya ketika ibu memasak dan mencuci piring serta ayah membersihkan mobil. Selain menambah kedekatan anak dengan orang tua, hal ini juga melatih anak untuk mandiri dan mampu melakukan banyak hal.

Membuat jadwal harian

Ajarkan anak membuat jadwal harian untuk kegiatannya. Hal ini mengajarkan anak bagaimana mengatur waktu dengan baik. Buatlah jadwal bersama-sama dan sesuai dengan yang di sanggupi anak. Berikan dukungan pada anak untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal. Hal ini dapat melatih kemandirian anak dan bertanggung jawab untuk mengatur aktivitasnya sendiri sehari-hari. Bagaimana cara membuat jadwal harian yang menarik ? yuk cek video ini !

Mengajarkan untuk berhemat

Ajari mereka untuk menabung dan juga berhemat. Ajarkan bahwa penggunaan uang hanya boleh untuk sesuatu yang berguna dan sangat dibutuhkan. Hal ini menghindari kebiasaan anak untuk membuang uang  dan membeli barang yang tidak penting.

Latih anak berani mengambil keputusan

Jika dalam situasi tertentu anak menyerahkan keputusan kepada orang tua, maka sesekali orang tua dapat memintanya yang mengambil keputusan tentang apa yang harus dilakukannya. Misalnya dalam menentukan sepatu atau pakaiannya. Hal ini meskipun sederhana sangat penting untuknya kelak dalam keberanian mengambil keputusan yang akan dipertanggungjawabkan.

Demikian cara-cara untuk melatih anak menjadi mandiri. Hal ini tidak bermaksud agar anak jauh dari orang tua atau tidak bergantung pada orang tua lagi. Namun untuk mendidik anak menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri. Dengan komunikasi yang baik dari orang tua dan juga pujian atas usahanya, anak akan menjadi lebih berkualitas, penuh percaya diri, mandiri, dan mampu beradaptasi dengan baik.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889