Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Cara Melatih Anak Agar Mampu Bekerjasama dengan Teman

Cara Melatih Anak Agar Mampu Bekerjasama dengan Teman

Salah satu sikap sosial yang penting untuk diajarkan pada anak adalah kerjasama. Tahukah ayah dan bunda, kerjasama merupakan salah satu kemampuan sosial yang dibituhkan sepanjang hidup ? sikap kerjasama perlu ditanamkan sejak dini, agar anak tidak egois. Dengan mengajarkan kerjasama anak-anak dapat memahami konsep bersosialisasi, bahwa ia membutuhkan orang lain untuk membantu menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah.

Mengajarkan sikap kerjasama pada anak-anak tentunya bukan perkara yang mudah. Apalagi jika anak masih pada tahapan lebih mementingkan dirinya sendiri dan sulit berbagi dengan teman-temannya. Oleh karena itu, ayah dan bunda perlu menanamkan sikap kerjasama sejak dini kepada mereka. Salah satunya dengan melibatkan mereka pada aktivitas berikut ini.

Bebaskan anak bermain

Buatlah suasana dimana anak-anak membutuhkan teman untuk bermain. Misalnya dengan memberikan mainan yang lebih seru jika dilakukan secara berkelompok seperti bermain kartu atau monopoli. Bisa juga mengajaknya main di luar rumah untuk bermain benteng-bentengan, bermain sepakbola. Jenis permainan berkelompok ini melatih anak untuk berbagi dan bekerjasama dengan temannya.

Belajar bersama

Tawarkan anak-anak untuk mengajak teman-temannya belajar bersama di rumah. Mereka bisa mengerjakan tugas sekolah bersama atau sekedar berdiskusi tentang materi pelajaran disekolah. Aktivitas ini membuat kegiatan belajat jadi terasa menyenangkan sekaligus melatih anak-anak untuk bekerjasama dengan teman-temannya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Buat perlombaan sederhana

Buatlah perlombaan sederhana yang dapat dilakukan oleh anak bersama teman-temannya. Misalnya dengan pertandingan sepakbola. Kelompokan mereka menjadi dua tim atau beberapa tim dalam sebuah permainan, tentukan aturan permainan yang berlaku. Aktivitas ini tentu saja bermanfaat untuk memupuk sikap kerjasama anak dan juga melatih kekompakan satu tim.

Mengajarkan kerjasama pada anak tentu tidak semudah teorinya. Sikap egois anak cenderung mendominasi sehingga sering berujung pada penolakan. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang harus ayah dan bunda pahami, yaitu jangan pernah memaksa anak, pahami bahwa anak-anak masih memiliki ego yang tinggi, sikap kerjasama dapat dimulai dari lingkungan rumah, dan motivasi anak untuk aktif mengikuti kegiatan disekolah.

Melatih sikap kerjasama anak sejak dini akan membuat anak mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya di masa depan. Anak akan cenderung cepat menyelesaikan masalah dan bahkan mampu berorganisasi dengan baik.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889