Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Cara Jitu untuk Membentuk Jiwa Kepemimpinan pada Anak

Cara Jitu untuk Membentuk Jiwa Kepemimpinan pada Anak

Setiap orangtua tentu ingin anaknya memiliki jiwa kepemimpinan agar ia bisa menjadi pribadi yang mandiri dapat diandalkan atau bahkan menjadi pemimpin yang bisa membanggakan ayah dan bunda saat ia dewasa nanti. Namun untuk bisa mewujudkannya, ayah dan bunda memiliki peran yang penting dalam membentuk jiwa kepemimpinannya.

Untuk membentuk jiwa kepemimpinan dalam diri anak bisa ayah dan bunda lakukan setiap hari. Lalu bagaimana caranya ? Yuk fokuskan pada hal-hal berikut ini !

Ajarkan anak menjadi pribadi yang pekerja keras

Seorang pemimpin harus bisa memberikan contah dan teladan bagi orang yang ia pimpin dan melakukan sendiri suatu pekerjaan ketimbang menyuruh orang lain. Bagaimana cara mendidik anak agar menjadi pekerja keras. Caranya Caranya cukup sederhana, misalkan saja anak anda ingin dibelikan mainan atau meminta uang untuk jajan, sebaiknya jangan langsung diberikan begitu saja, tapi sebaiknya beri dia tugas untuk dikerjakan. Tujuannya adalah agar anak bisa memahami bahwa untuk mendapatkan yang dia inginkan butuh kerja keras dan usaha, dengan begitu anak secara tidak langsung terbentuk mejadi pribadi yang pekerja keras.

Latih keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah salah satu syarat yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang handal. Latih anak sedari dini agar kelak ia memiliki keterampilam komunikasi yang hebat. Salah satu caranya ketika mememasan makanan di restoran, biarkan ia yang berbicara kepada pelayan untuk memesan makanan atau ajak ia ke pasar dan biarkan ia berkomunikasi kepada penjual saat berbelanja. Hal ini kan menimbulkan rasa percaya diri pada anak.

Mendidik anak agar berani 

salah satu ciri-ciri seorang pemimpin adalah memiliki keberanian dan selalu siap menanggung konsekuensi dari apa yang diputuskannya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap berani pada diri anak seperti memintanya berdiri di depan kelas untuk menjawab soal-soal, mengikuti perlombaan untuk menguji mentalnya, atau bahkan memintanya menjadi pemimpin upacara.

Dukung kegiatan kelompoknya

Dukung ia untuk aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti paduan suara, pramuka, palang merah, atau kegiatan lainnya yang mementingkan kerja sama tim. Akan ada bayak nilai yang akan ia pelajari dari kegiatan kelompok. Perananan kegiatan tersebut dalam pembentukan jiwa kepemimpinan anak akan sangat bersar karena ia akan diajarkan bagaimana sikap mandirim tanggung jawab, disiplin, berani, dan lainnya.

Biarkan Anak Atasi Masalah

Ayah dan bunda harus berhati-hati dalam membantunya menyelesaikan masalah. Apabila terlalu sering membantunya, anak tidak akan memiliki kemampuan kritis untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Ayah dan bunda perlu membiarkannya untuk bertanggung jawab menyelesaikan masalahnya sendiri. Apabila masalah yang ia hadapi terlalu sulit, ayah dan bunda bisa membantunya memberikan beberapa jalan keluar dan selanjutnya biarkan ia yang menentukan jalan mana yang harus diambilnya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889