Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Anak Bermain ?

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Anak Bermain ?

Bermain memang menyenangkan. Siapa sih yang tidak suka bermain? Bermain memang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak. Namun, harus tetap ingat waktu untuk aktivitas lainnya seperti makan, mandi, dan mengerjakan tugas ya.

Nah ternyata ada yang menetapkan batasan lama bermain pada setiap usia loh. National Association for Sport and Physical Education (NASPE) merupakan oraganisasi internasional yang fokus pada kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas fisik mengajurkan durasi bermain untuk bayi, balita, dan anak pra sekolah. Kira-kira berapa lama sebaiknya anak bermain ?

Bayi

Tidak ada batasan waktu untuk bermain bagi bayi. Dalam segala kegiatan yang dilakukan bayi, usahakan ayah dan bunda untuk selalu mendorong perkembangan motoriknya.

Balita

Balita disarankan bermain dalam wakti 1 jam 30 menit dan ditemani orang tua. 30 menit pertama digunakan untuk bermain yang terencana seperti mobil-mobilan, memlempar bola, dan lain-lain. 60 menit berikutnya untuk aktivitas fisik yang bebas bisa dilakukan sesuka hatinya.

Usia pra sekolah

Pada anak yang belum bersekolah, waktu bermain yang dianjurkan adalah 2 jam. 60 menit pertama ayah dan bunda bisa menerapkan jenis kegiatan yang terencana seperti bermain sepak bola, lompat tali, dan lain-lain. Lalu 60 menit berikutnya bisa diisi dengan permainan bebas yang bisa dilakukan bersama teman-temannya.

Usia sekolah

Pada usia anak sekolah, kebanyakan waktu dihabiskan di sekolah. Tetapi disekolah pun tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi ada juga waktu untuk beristirahat dan bermain. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk bermain bersama teman-teman, terutama yang berhubungan dengan fisik. Tetapi ingat. Boleh bermain asalkan tidak mengganggu aktivitas yang kain seperti makan, mandi, dan yang paling penting mengerjakan PR.

Selain itu satu hal yang harus diperhatikan ayah dan bunda jenis permainan yang dimainkan anak. Usahakan untuk menyediakan permainan yang bervariasi. Karena setiap jenis permainan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Nah ini dia jenis permainan yang dianjurkan.

  1. Bermain dengan mainan seperti boneka atau mobil-mobilan. Melalui jenis permainan ini, kemampuan motorik dan sensorik anak akan terasah.
  2. Bermain melibatkan aktivitas fisik seperti ayunan atau trampoline akan mengasah kemampuan motorik kasar, mencegah obesitas, serta meningjatakan kecerdasan emosional
  3. Bermain diluar ruangan seperti di taman, lapangan atau pantai akan mengasah kemampuan spasial anak dan anak juga akan lebih waspada terhadap lingkungan sekitarnya.
  4. Bermain peran seperti dokter-dokteran, menjadi koki, menjadi polisi terbuktu meningkatakan kreativitas anak, mengoptimalkan kemampuan anak dalam berbahasa dan berkomunikasi, serta meningkatkan kemampuan memimpin dan bernegosiasi.

Tidak sedikit orangtua yang tak ingin anaknya menghabiskan waktu dengan bermain, padahal bermain memiliki manfaat terhadap tumbuh kembang anak. Pastikan anak mengisi waktu bermain dengan permainan positif agar pertumbuhan, kemampuan kognitif serta kecerdasan emosionalnya berkembang baik.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889