Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik Sesuai Usianya ?

Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik Sesuai Usia ?

Mendidik anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua yang harus dilakukan dengan baik. Baik atau buruknya tingkah laku anak merupakan hasil dari orangtua dalam mendidiknya. Oleh karena itu mendidik anak tidak boleh dianggap remeh. Karena pendidikan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak.

Setiap orang tua akan memiliki gaya dan pola mendidik yang berbeda-beda sesuai dengan karakter yang dimiliki orangtua. Orangtua akan merasa bahwa dirinya sudah memberikan dan mendidik anak dengan baik dan benar sesuai dengan kemampuan dane pengalaman yang dimilikinya.

Sangat besar peran orangtua dalam perkembangan anak. Oleh karena itu, setiap orangtua wajib untuk mempersiapkannya dengan baik. Untuk mempersiapkan generasi terbaik langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengenali fase-fase usia mendidik anak. Pada usia-usia tersebut kita harus memberikan perlakuan khusus, berikut ini adalah bagaimana cara mendidik anak berdasarkan usia.

Usia 0 – 6 tahun

Anak usia 0-6 tahun merupakan usia emas atau golden age saat anak mengalamai pesatnya perkembangan otak. Anak pada usia ini akan mengalami masa tumbuh kembang yang sangat cepat. Untuk mengembangkan potensi terbaiknya orang tua perlu memberikan kasih sayang tanpa batas dan memanjakannya dengan penuh cinta.

Pada usia ini, orangtua tidak boleh menggunakan kekerasan seperti membentak dan memukul karena kekerasan dapat mematikan perkembangan sel-sel neuron yang sedang tumbuh pesat yang akan mematikan potensi emas anak.

Usia 7 – 14 tahun

Pada usia ini merupakan waktu yang terbaik untuk pembentukan kepribadian anak. Pada fase ini orangtua harus mulai mengajar anak mengenai kewajiban, kedisiplinan, dan tanggung jawab. pada usia ini orangtua bisa sedikit agak keras kepada anak untuk mengingatkan betapa pentingnya kewajiban, displin , dan tanggung jawab.

Usia 15 – 21 tahun

Pada usia ini merupakan fase remaja, saat anak mulai mencari jati diri. Saatnya orangtua mengganti penanaman displin dengan cara yang agak keras menjadi rasional. Karena pada umumnya  akan memberontak jika orang tua mendidik anak dengan keras. Orangtua bisa mendidik anak dengan cara menjadikan anak sebagai sahabat dalam berdiskusi. Dengan mengakrabkan diri dan berteman dengan anak, orangtua bisa menjadi pendengar dan penasihat yang baik bagi permasalahan remaja yang dialami anak.

Usia 21 tahun ke atas

Pada fase ini anak telah memasuki fase kedewasaan. Anak mulai dihadapkan dengan beragam persoalan dan diharapkan dapat menyelesaikannya secara mandiri. Orangtua sudah bisa memberikan kebebasan dan kepercayaan penuh pada anak, namun tetap harus mengontrol perkembangannya dan memberikan nasihat serta peringatan ketika anak salah.

Anak berhasil ataupun tidak berhasil adalah pilihan dan yang sangat berperan adalah para orangtua terutama pola asuh dan cara mendidik anak. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sukses. Karena anak adalah aset berharga yang dapat memberikan manfaat bagi orangtuanya.

Orang tua harus membantu anak-anak dalam mempersiapkan diri mereka untuk menjalani masa depannya. Cara mendidik anak yang baik memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mebekali diri dengan pengetahuan seputar parenting dan mendidik anak yang tepat.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889