Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Anak Kurang Percaya Diri ? Yuk Bangun Rasa Percaya Dirinya Dengan Cara Ini !

Anak Kurang Percaya Diri ? Yuk Bangun Rasa Percaya Dirinya Dengan Cara Ini !

Memiliki anak dengan rasa percaya diri yang tinggi pasti membuat orangtua menjadi bangga. Namun bagaimana jika anak justru tumbuh menjadi anak yang minder, takut, dan tidak percaya diri ? Rasa percaya diri berkaitan dengan rasa malu. Rasa malu yang berlebih dalam diri anak membuat ia menjadi tidak percaya diri dan akan membuat anak kesulitan dalam bergaul dan bersosialisasi.

Karena itu, orangtua harus mendorong dan membantu anak untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membangun rasa percaya diri anak. Yuk kita simak informasi selengkapnya !

Hargai usahanya

Menurut psikolog Carl Pickhardt, setiap usaha anak harus dihargai sehingga mereka tidak akan malu untuk mencoba sesuatu meski hasilnya tidak maksimal atau sempurna. Anak-anak seharusnya tidak perlu merasa malu karena telah berusaha. Dalam jangka panjang, berusaha keras secara terus menerus akan membangun lebih banyak kepercayaan diri di banding hanya bekerja dengan baik sesekali. Jangan lupa berikan juga pujian pada setiap keberhasilan anak dan disaat gagal berikan ia motivasi untuk terus mencoba.

Jangan memarahi anak di depan umum

Biasanya kebanyakan orangtua saat sedang berada di tempat umum dan melihat anaknya melakukan kesalahan cenderung akan langsung memarahinya langsung tanpa menegurnya terlebih dahulu. Padahal memarahi anak di depan umum tentu saja salah dan akan sangat mempengaruhi psikologinya. Anak akan merasa minder dan kehilangan rasa kepercayaan dirinya .

Berikan kepercayaan pada anak

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan memberikan kepercayaan pada anak. Contohnya ketika orangtua sedang melakukan pekerjaan rumah, ajak anak untuk membantu pekerjaan tersebut. Dengan cara itu anak akan merasa bahwa dirinya telah di berikan kepercayaan untuk melakukan suatu pekerjaan. Kepercayaan yang diberikan ini akan mendorong anak untuk berani melakukan sesuatu berdasarkan pemikiran dan pertimbangannya sendiri.

Biarkan anak menyelesaikan masalah dengan usahanya sendiri

Jika orangtua selalu mengambil alih pada situasi sulit yang dihadapi anak, anak tidak akan bisa mengembangkan kemampuan dan kepercayaan dirinya dalam menyelesaikan masalah. Bantuan dari orangtua justru bisa mencegah timbulnya kepercayaan diri yang berasal dari kemampuan anak memecahkan masalah dengan usahanya sendiri.

Rasa percaya diri juga sangat penting dalam meningkatkan mental pada anak dan akan mempengaruhi sikapnya di masa depan. Untuk itu sebagai orangtua harus bisa belajar dan mengerti bagaimana cara membangun rasa percaya diri anak karena akan mempengaruhi kehidupan anak nantinya.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Leave your comment.
Artikel Lainnya

Berlaku Mulai

> Weekdays

Sesi 1

09.00 – 14.00 WIB

Sesi 2

> Weekend / holidays

Sesi 1

10.00 – 15.00 WIB

Sesi 2

12.00 – 17.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

082286491785

Early Bird Special

> Weekdays (Selasa - Jumat)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

> Weekend (Sabtu - Minggu)

Toddler

2 - 3 Tahun

Rp. xx.000,-

Child

4 - 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Adult

> 16 Tahun

Rp. xx.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi :

0853 5535 8889